Langsung ke konten utama

TABULASI DAN INDEN PADA WORD

 Indent menggunakan tombol Tab:

Cara cepat melakukan indent adalah dengan menggunakan tombol Tab. Ini akan membuat indent baris-pertama dari 1/2 inci.

1. Tempatkan titik penyisipan di awal paragraf yang ingin Anda indent. 
2.    Tekan tombol Tab. Pada ruller, Anda harus melihat penanda indent baris-pertama bergerak ke kanan sepanjang 1/2 inci. 

Jika Anda tidak dapat melihat ruller, klik ikon View Ruller melalui scrollbar untuk menampilkannya.

view ruller

Membuat atau menyesuaikan indent baris-pertama atau indent-menggantung:

  1. Tempatkan titik penyisipan di ditempat  yang ingin Anda indent pada paragraf, atau pilih satu atau lebih paragraf.
  2. Untuk menyesuaikan indent baris pertama, tarik penanda indent baris pertama/First Line Indent marker pada ruller.
  3. Untuk menyesuaikan indent gantung, tarik penanda indent menggantung/Hanging Indent marker.
Untuk memindahkan kedua penanda pada saat yang sama, tarik penanda indent kiri/Left Indent marker. Ini akan mengindentasi semua baris dalam paragraf tersebut. 

Menggunakan perintah Indent:

Jika Anda ingin mengindentasi semua baris paragraf, Anda dapat menggunakan Indent Command pada tab Home.

  1. Pilih teks yang ingin Anda indent
  2. Pastikan Anda berada di tab Home.
  3. Klik perintah Increase Indent untuk meningkatkan indent dengan pertambahan 1/4 inci
increase indent

4.   Klik perintah Decrease Indent untuk menurunkan indent dengan pertambahan 1/2 inci .

Jika Anda lebih memilih untuk mengetikan angka indent Anda, Anda dapat menggunakan Indent Field pada tab Page Layout.
indent amount

Tab

Tab sering kali menjadi cara terbaik untuk mengontrol lokasi di mana teks ditempatkan. Secara default, setiap kali Anda menekan tombol Tab, titik penyisipan akan bergerak 1/2 inci ke kanan. Dengan menambahkan tab stops pada ruller, Anda dapat mengubah ukuran tab, dan Anda bahkan dapat memiliki lebih dari satu jenis alignment dalam satu baris. Misalnya, Anda akan left-align pada awal baris dan right-align pada akhir baris dengan menambahkan right tab.

tab stop

Menekan tombol Tab dapat juga menambahkan tab atau membuat indent pada baris pertama, tergantung di mana titik penyisipannya. Secara umum, jika titik penyisipan adalah di awal paragraf, itu akan membuat indent baris pertama/first-line indent; jika tidak, itu akan menjadi tab, bukan indentasi.

Tab selector

Tab selector berada di atas ruller vertikal di sebelah kiri. Arahkan kursor tab selector untuk melihat nama jenis tab stops yang aktif.

tab selector

Jenis tab stops meliputi:

·         Kiri Tab :Mengirikan/Left-align teks di tab stop

·         Pusat Tab Menengahkan/Centers teks di tab stop

·         Tab Kanan Menganankan/Right-align di tab stop

·         Desimal Tab Menjajarkan angka desimal menggunakan titik desimal

·         Bar Tab : Menggambar garis vertikal pada dokumen

·         Pertama Line Indent : Menyisipkan penanda indent pada ruller dan menjajarkan baris pertama teks dalam paragraf

·         Hanging Indent : Menyisipkan indent penanda-tergantung/hanging indent dan menjajarkan semua baris selain baris pertama

Meskipun Bar TabIndent Baris-Pertama/First-Line Indent, dan Hanging Indent muncul di tab selector, secara teknis mereka bukan tab.

Menambahkan tab stop:

  1. Pilih paragraf atau paragraf yang ingin Anda tambahkan tab stop. Jika Anda tidak memilih paragraf, tab stop akan berlaku untuk paragraf saat ini dan setiap paragraf baru yang Anda ketik di bawahnya.
  2. Klik tab selector sampai tab stop yang ingin Anda gunakan muncul.
  3. Klik lokasi pada ruller horizontal di mana Anda ingin teks Anda muncul (hal ini membantu untuk mengklik tepi bawah ruller). Anda dapat menambahkan sebanyak tab stop yang Anda inginkan.
menambahkan tab stop

4.      Tempatkan titik penyisipan di mana Anda ingin menambahkan tab, lalu tekan tombol Tab. Teks akan melompat ke tab stop berikutnya. 

5.      Untuk menghapus tab stop, geserkan keluar dari Ruller.

Klik perintah ¶ Show / Hide pada tab Home di kelompok Paragraf. Ini akan memunculkan nonprinting karakter seperti spasi, paragraf (¶), dan Tab tanda kunci.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATUR FORMAT TEKS PADA MICROSOFT WORD

  Ada berbagai macam pengetikan yang bisa anda lakukan di microsoft word baik. Pengaturan format teks pada tulisan atau naskah informal tentu sangat berbeda untuk dokumen formal. Pengetikan untuk naskah yang bersifat formal seperti pembuatan karya ilmiah (skripsi, tesis), laporan ataupun surat menyurat biasanya lebih kaku karena adanya pengaturan yang membatasi atau menyeragamkan tata cara penulisan. Sedangkan untuk dokumen yang bersifat tidak formal seperti pembuatan puisi, naskah cerita, catatan sekolah/kuliah, buku serta masih banyak lagi, anda bisa berkreasi dan berimaginasi sesuka anda. Ada dua hal penting yang dalam mengatur format teks microsoft word, yakni pengaturan font baik ukuran, jenis maupun style font, dan pengaturan paragraf dari tulisan. Untuk mengatur format font dan paragraf dari teks bisa anda ikuti langkah di bawah ini: Blok atau sorot teks yang akan diubah formatnya Untuk mengatur format font lakukan melalui tombol toolbar yang ada di grup  Font , seperti...

MEMBUAT MAIL MERGE PADA WORD

  Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word Jika kamu ingin membuat mail merge di Microsoft Word, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan: Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Isi di Word yang Rapi dan Benar Singkatnya, cara membuat mail merge meliputi proses-proses berikut: Membuat naskah dokumen atau template di Microsoft Word. Membuat data source dalam format Excel, atau format lain yang didukung. Mendefinisikan Merge Fields ke dalam naskah dokumen. Menggabungkan data dengan template / naskah dokumen. Menyimpan file. Berikut tutorial lengkap cara membuat mail merge di Microsoft Word: 1. Buka menu Mail Merge di Word Buka Microsoft Word, klik menu  Mailings  lalu pilih  Start Mail Merge . 2. Tentukan format dokumen Pilih jenis format dokumen yang ingin kamu buat. Kamu bisa memilih format surat, email, dan sebagainya. 3. Buat naskah dokumen di Worksheet Buat naskah dokumen pada  worksheet . Misalnya kamu akan membuat surat dengan format seperti be...

MENGENAL PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT

  Pengertian Perangkat Input & Output Beserta Contoh dan Perbedaannya 19 JUNI 2018 dalam:  BLOG Tags:  KOMPUTER ,  PENGETAHUAN note:  0 COMMENTS Untuk dapat bekerja dengan semestinya, perangkat komputer biasanya dilengkapi berbagai komponen yang gunanya untuk menunjang kinerja komputer tersebut. Selain perangkat lunak dan keras, rupanya masih ada banyak sekali bagian komputer yang memiliki fungsi masing-masing tanpa disadari. Tujuan komponen itu yakni untuk menghasilkan kinerja yang sesuai diinginkan. Selain itu, dunia teknologi sendiri rasanya tidak lepas dari perangkat input dan output, termasuk juga pada komputer. Perangkat input dan output tersebut tentu memiliki peranan penting untuk sistem komputer. Semakin banyaknya perangkat input dan output pada komputer, maka semakin mudah juga komputer menjalankan pekerjaan. Perangkat input dan output sendiri sering disebut dengan istilah I/O, yang artinya adalah bagian sistem mikroprosesor yang berfungsi menghubu...