Langsung ke konten utama

CARA MENGATUR FORMAT TEKS PADA MICROSOFT WORD

 

Ada berbagai macam pengetikan yang bisa anda lakukan di microsoft word baik. Pengaturan format teks pada tulisan atau naskah informal tentu sangat berbeda untuk dokumen formal. Pengetikan untuk naskah yang bersifat formal seperti pembuatan karya ilmiah (skripsi, tesis), laporan ataupun surat menyurat biasanya lebih kaku karena adanya pengaturan yang membatasi atau menyeragamkan tata cara penulisan. Sedangkan untuk dokumen yang bersifat tidak formal seperti pembuatan puisi, naskah cerita, catatan sekolah/kuliah, buku serta masih banyak lagi, anda bisa berkreasi dan berimaginasi sesuka anda.

Ada dua hal penting yang dalam mengatur format teks microsoft word, yakni pengaturan font baik ukuran, jenis maupun style font, dan pengaturan paragraf dari tulisan. Untuk mengatur format font dan paragraf dari teks bisa anda ikuti langkah di bawah ini:
  1. Blok atau sorot teks yang akan diubah formatnya
  2. Untuk mengatur format font lakukan melalui tombol toolbar yang ada di grup Font, seperti membuat huruf tebal, huruf miring, superscript, subscript, dan yang lainnya
  3. Untuk mengatur format alinea atau paragraf teks dapat dilakukan pada grup Paragraph. Anda bisa membuat rata kiri, rata kanan, rata tengah, jarak spasi antar baris teks, border, bullet dan numbering, dan masih banyak lagi.
  4.  Gambar: Grup toolbar font dan paragraph di Microsoft Word
    Misalkan anda ingin mengetik skripsi menggunakan jenis font times new roman atau mengetik surat resmi dengan font arial, maka anda dapat menggantinya langsung pada kotak tampilan nama font Gambar: Mengganti jenis font menjadi arial di Microsoft Word

  5. Bila ingin mengatur format huruf / font lebih lanjut maka tekan saja tombol CTRL+D. Sebuah dialog Font akan muncul dan anda dapat mengaturnya lebih lanjut pada dialog tersebut, seperti membuat garis bawah ganda (double), menambahkan efek emboss, shadow, warna garis bawah, dan lain sebagainya Gambar: Tampilan dialog Font di Microsoft Word
  6. Misalkan kita ingin membuat jarak spasi ketikan menjadi 2 baris, maka kita bisa mengaturnya langsung dengan cara klik pada tombol Line Spacing lalu pilih spasi yang akan kita gunakan. Gambar: Mengganti spasi ketikan menjadi 2 spasi di Microsoft Word
  7. Untuk mengatur format paragraf atau alinea teks lebih lanjut dapat dilakukan melalui dialog Paragraph dengan cara menekan tombol ALT+H, PG. Pada dialog tersebut anda dapat mengatur banyak hal seperti jarak antar spasi, hanging, spasi paragraf, dan lain sebagainya. Gambar: Tampilan dialog Paragraph di Microsoft Word
  8. Tips Cara Mengatur Format Teks di Microsoft Word

    Untuk mengakses format secara cepat anda bisa menggunakan berbagai keyboard shortcut yang telah tersedia di microsfot word seperti :
    • CTRL+B untuk membuat format teks menjadi tebal
    • CTRL+I untuk membuat format italic (miring)
    • CTRL+2 untuk membuat paragraf menjadi dua spasi
    • CTRL+J untuk membuat tulisan rata kiri-kanan
    • dan masih banyak lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT MAIL MERGE PADA WORD

  Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word Jika kamu ingin membuat mail merge di Microsoft Word, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan: Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Isi di Word yang Rapi dan Benar Singkatnya, cara membuat mail merge meliputi proses-proses berikut: Membuat naskah dokumen atau template di Microsoft Word. Membuat data source dalam format Excel, atau format lain yang didukung. Mendefinisikan Merge Fields ke dalam naskah dokumen. Menggabungkan data dengan template / naskah dokumen. Menyimpan file. Berikut tutorial lengkap cara membuat mail merge di Microsoft Word: 1. Buka menu Mail Merge di Word Buka Microsoft Word, klik menu  Mailings  lalu pilih  Start Mail Merge . 2. Tentukan format dokumen Pilih jenis format dokumen yang ingin kamu buat. Kamu bisa memilih format surat, email, dan sebagainya. 3. Buat naskah dokumen di Worksheet Buat naskah dokumen pada  worksheet . Misalnya kamu akan membuat surat dengan format seperti be...

MENGENAL PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT

  Pengertian Perangkat Input & Output Beserta Contoh dan Perbedaannya 19 JUNI 2018 dalam:  BLOG Tags:  KOMPUTER ,  PENGETAHUAN note:  0 COMMENTS Untuk dapat bekerja dengan semestinya, perangkat komputer biasanya dilengkapi berbagai komponen yang gunanya untuk menunjang kinerja komputer tersebut. Selain perangkat lunak dan keras, rupanya masih ada banyak sekali bagian komputer yang memiliki fungsi masing-masing tanpa disadari. Tujuan komponen itu yakni untuk menghasilkan kinerja yang sesuai diinginkan. Selain itu, dunia teknologi sendiri rasanya tidak lepas dari perangkat input dan output, termasuk juga pada komputer. Perangkat input dan output tersebut tentu memiliki peranan penting untuk sistem komputer. Semakin banyaknya perangkat input dan output pada komputer, maka semakin mudah juga komputer menjalankan pekerjaan. Perangkat input dan output sendiri sering disebut dengan istilah I/O, yang artinya adalah bagian sistem mikroprosesor yang berfungsi menghubu...